Rabu, 21 Januari 2015

Keterkaitan Drama Korea Jang Ok Jung dan Dong Yi (part 1)

Hai hai hai...
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, aku mau mengulang memposting beberapa postinganku di blogku yang dulu (ayuniindira.blogspot.com) yang sudah sepantasnya di perbaiki...
Hehehe, ya maaf atas insiden lupa password (cerita panjang lebar ada disini)

Yuk daripada lama-lama, langsung disimak saja ya kawanku...



Ah... Lihatlah betapa cantiknya Kim Tae Hee...
Yaps, ngomong-ngomong ini adalah drama korea Jang Ok Jung Live in Love yang baru-baru ini tamat di stasiun tv Ind***ar.

Yak, dulu udah sempet posting ini ya, cuma dulu aku belum nonton dramanya sih, cuma baca-baca aja dari beberapa kesaksian dari orang-orang yang sudah nonton, dan juga beberapa blog sebelah (sumpah lupa banget saking banyaknya).

Jadi secara garis besar, cerita ini mengisahkan kisah cinta Selir Jang Hee Bin (yang dulu namanya Jang Ok Jung) dengan raja dinasti Joseon, King Sukjong.


Dalam film JOJ (yaudah singkatin aja ya), King Sukjong begitu mencintai Selir Jang yang merupakan rakyat jelata dan konon merupakan kekasihnya yang pertama.
Namun kisah cinta mereka terganjal restu dari ibu King Sukjong. Nah ini sepertinya fakta ya, karena di drama Dong Yi juga ibu surinya ga suka sama Selir Jang.

Karakter di drama ini juga secara garis besar mirip-mirip lah sama drama Dong Yi. Selir Choi nya ada, Ratu Inhyeon ada, Jang Ok Jung nya juga pastinya ada. Hehehe.

Nah, sebelum kita membahas perbedaannya, yuk kita inget-inget lagi drama korea Dong Yi yang sudah beberapa kali tayang di stasiun tv yang sama...





Aduh nostalgia~
Yaps, jadi disini kisah cinta selir Jang dan King Sukjong masih diceritakan kok. Hanya saja pemeran utama dalam drama ini adalah Selir Choi alias Choi Dong Yi.

Disini diceritakan Dong Yi awalnya lebih dekat sama Selir Jang, tapi Dong Yi tau kejahatan Selir Jang yang saat itu mau membunuh Ibu Suri sekaligus mau memfitnah Ratu Inhyeon agar Selir Jang bisa naik takhta. Karena itu, Dong Yi menolak sekongkol dengan Selir Jang lalu seperti di singkirkan dari istana oleh Selir Jang (cmiiw, soalnya udah lama ga nonton, hehe)

Tapi disini diceritakan bahwa Sukjong memang mencintai Selir Jang, tapi dia LEBIH mencintai Selir Choi. Dan Sukjong sangat menghargai Ratu Inhyeon. Hehehe, ini sangat berbeda dengan drama JOJ.

Jadi bagaimana? Menurut kalian bagaimana cerita sebenarnya?

Mari membahasnya....







Nah pembahasannya per karakter aja ya, heheh.
Mari kita mulai dengan Ratu Inhyeon

 
Ini Ratu Inhyeon di drama Dong Yi.
Iya, dalam blogku sebelumnya sudah sempat aku katakan bahwa sifat dari Ratu Inhyeon dalam film Dong Yi terlalu lemah lembut! Kadang suka kesel sendiri....

Dalam drama Dong Yi, Ratu Inhyeon seperti tidak memiliki kekuatan untuk melawan Jang Ok Jung, jadi dia tertindas dengan mudahnya, huhuhu...
Dia juga tidak pernah marah, dia lebih banyak menangis saat sesuatu terjadi padanya, hehehe. Sabar sekali ya sodara-sodara...

Ratu Inhyeon dalam serial Dong Yi lebih di hargai oleh Raja Sukjong. Meskipun Inhyeon tidak memberikan keturunan untuk Sukjong, tetapi masih terlihat Sukjong begitu menghormati ratunya ini, terlihat dari berbagai pertimbangan yang dipikirkan oleh Sukjong sebelum menggulingkan Ratu Inhyeon dan menjadikan Selir Jang sebagai ratu berikutnya.

Tapi, Ratu Inhyeon dalam drama Jang Ok Jung Live in Love sungguh berbeda...




Ini dia Ratu Inhyeon dalam drama korea JOJ...
Dia dikisahkan lemah terhadap raja. Ada indikasi dia mencintai raja dengan sepenuh hati. Dia juga lumayan pandai berpolitik, kawan-kawan. entah mengapa aku lebih suka Inhyeon yang ini ^^

Abaikan...
Ya, Ratu Inhyeon ini pandai berpolitik. Di awal drama, dia bisa memilih sendiri pakaian yang akan dia kenakan dalam pemilihan Putri Mahkota walaupun desainernya udah menyiapkan baju khusus (desainernya Jang Ok Jung loh!). Jadi disini dia sudah punya konsep sendiri dan dia juga tegas dalam memilih sesuatu.
Dia juga dengan tegas mengambil putra Selir Jang saat itu, hehehe. Ya menurutku sikap tegas seperti inilah yang seharusnya dimiliki seorang ratu.

Dan yang lebih menarik dari Ratu Inhyeon JOJ, dia cerdas, jadi sepertinya dia bisa meyaingi Jang Ok Jung meskipun akhirnya juga digulingkan...

Tapi dalam serial ini, sosok Ratu Inhyeon kurang dihargai keberadaannya oleh Sukjong. Bahkan Sukjong berkali-kali melecehkan Ratu Inhyeon didepan Selir Jang, huhuhu...


Jadi, kesimpulannya sebagai berikuuuttt:
Indy lebih setuju dengan sikap tegas dari Ratu Inhyeon dalam serial JOJ, ya sepertinya sikap lembut Ratu Inhyeon dalam serial Dong Yi sedikit terlalu berlebihan, mengingat statusnya sebagai Ratu dari Sukjong.
Dari beberapa sumber yang Indy baca pun, sosok Ratu Inhyeon ini juga sepertinya pandai dalam berpolitik. Beliau merupakan Ratu kedua dari Sukjong setelah Ratu Ingyeong wafat. Ratu Inhyeon juga disebut-sebut sebagai salah satu ratu terbaik dalam sejarah Dinasti Joseon.
Tentang sikap Sukjong kepada Ratu Inhyeon, Indy lebih setuju dengan Dong Yi. Tentu saja Inhyeon sangat dihormati oleh Sukjong. Why?
Ada yang beranggapan bahwa Sukjong memang tidak mencintai Inhyeon. Bahkan ada yang berspekulasi bahwa Inhyeon tetap perawan sampai beliau meninggal. Penyakit mandul yang selama ini dikatakan sebagai penyebab tidak adanya anak dari Ratu Inhyeon, dikatakan hanya untuk menutupi "tragedi cinta" Sukjong dan Inhyeon, juga untuk melindungi harga diri seorang Ratu Joseon saat itu.
Menurut wikipedia, Sukjong menggulingkan Inhyeon karena perselisihan fraksi Soron dan fraksi Noron tentang gelar Putra Mahkota yang akan diberikan Sukjong untuk putra pertamanya dengan Jang Ok Jung. Akibat perselisihan itulah keluarga Ratu Inhyeon diasingkan, dan Ratu Inhyeon pun digulingkan. Namun, Sukjong menyesali perbuatannya yang telah menggulingkan Ratu Inhyeon dan memulihkan namanya kembali serta menggulingkan Jang Ok Jung kembali ke gelar Hui Bin. Dan yang paling sweet, konon sebelum kematian Raja Sukjong, beliau menulis wasiat untuk dimakamkan tepat disamping makam Ratu Inhyeon.
Sepertinya Sukjong menyesali perbuatannya, apalagi setelah fakta Selir Jang melakukan ritual untuk kematian Ratu Inhyeon. Meskipun terlambat, menurut Indy langkah Sukjong memilih untuk beristirhat di samping Ratu Inhyeon selamanya merupakan gambaran betapa menyesalnya Raja Sukjong kepada Ratu Inhyeon, dan mungkin ia berharap bisa beristirahat selamanya bersama Inhyeon, menebus setiap malam yang dilalui Inhyeon sendirian :') Oh, so sweet. Together Forever :')



Mari kita tinggalkan dulu kebersamaan Sukjong dan Inhyeon di surga, kita beralih ke Jang Ok Jung, Selir Jang Hui Bin.



Yuhuuu. Ini dia Selir Jang Hui Bin. Seorang dayang Ibu Suri Jangryeol, yaitu nenek tiri dari Sukjong. Nasib Jang Hui Bin bagus sekali ya, dari seorang rakyat biasa hingga mencapai kedudukan ratu dengan ambisi yang tinggi.Syeremmmm....

Yak kita mulai dari Jang Ok Jung dalam serial Dong Yi
 




Jeng... Jeng... Jeng...
Ini dia Selir Jang Hui Bin, tokoh pemeran antagonis dalam serial JOJ dan Dong Yi.

Dalam serial Dong Yi, Selir Jang ini digambarkan cerdas, ambisius, serta licik. Dia berhasil merebut cinta Raja Sukjong dan melahirkan putra pertama bagi Raja Sukjong. Bahkan ia berhasil naik takhta menjadi ratu setelah menggulingkan Inhyeon.

Selir Jang disini full jahatnya aja ya, hehehe. Beliau begitu ambisius sehingga melupakan jati dirinya yang sebenarnya. Habis kata-kata nih menggambarkan Jang dalam Dong Yi, heheh. Yuk lanjut dalam serial Jang Ok Jung, Live in Love


 

Ini dia si cantik Kim Tae Hee sebagai Jang Ok Jung. Ini prosesi menjadi Ratu itu loh...
Jadi, dalam drama Jang Ok Jung Live in Love, diceritakan kehidupan pribadi dari Selir Jang sampai bisa menjadi seorang ratu mendampingi Sukjong. Meskipun serial JOJ dan Dong Yi tidak 100% diangkat dari kisah sebenarnya, tapi kita bisa melihat garis besar kehidupan mereka saat itu.

Serial ini menggambarkan bahwa Jang Ok Jung kecil sudah mengenal Sukjong sejak Sukjong masih menjadi Putra Mahkota. Ia juga merupakan cinta sejati dari Sukjong. Ia melahirkan Pangeran Mahkota untuk Raja Sukjong, sekaligus perempuan yang paling berpengaruh dalam hidup Sukjong. Dikisahkan bahwa Jang Ok Jung sebelumnya adalah seorang desainer yang cerdas.

Dalam serial ini, kita bisa melihat Jang Ok Jung dari sudut yang berbeda. Jang Ok Jung memang cerdas dan licik, namun ia memiliki banyak alasan dibalik itu. Kehidupannya begitu sulit sampai ia bertemu Ibu Suri Jangryeol (nenek tiri Sukjong) yang akhirnya mempertemukannya dengan Sukjong. Disini juga diceritakan perjuangan hidup Jang Ok Jung melawan Ibu Suri Myeongseong (Ibu Sukjong) yang menentang keberadaannya dalam istana.


Jadi, bisa diambil kesimpulan sebagai berikut:

Sikap Jang Ok Jung yang keras dan ambisius ini sepertinya akibat dari kerasnya kehidupan masa kecilnya. Apalagi sikap buruk yang diterimanya setelah masuk di dalam istana pasti mendorongnya melakukan hal-hal tidak baik untuk mempertahankan dirinya.
Yah, seperti yang kita tahu, hidup dalam istana, dengan seorang raja serta gadis-gadis disekelilingnya pasti tidak mudah. Bagaimanapun, Jang Ok Jung ingin mempertahankan apa yang sudah dimilikinya serta ingin menyelamatkan dirinya sendiri dalam istana.
Menurut Indy, sikap ambisius Jang sudah diluar batas, terlihat dari bagaimana dia menjadi seorang Ratu, berusaha menyingkirkan berbagai halangan yang ada didepan matanya agar selalu bersama Sukjong.

Nah, sedikit menyentil kisah Ratu Inhyeon, sepertinya Raja Sukjong sudah terlanjur kecewa pada Jang karena Jang sudah terbukti mengguna-gunai Ratu Inhyeon. Terbukti dengan fakta bahwa Jang dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun.
Tapi, fakta saat Sukjong mengambil keputusan menggulingkan Inhyeon demi status Putra Mahkota Yun, bisa dilihat betapa Sukjong mencintai Jang dan juga PM Yun. Sedih ya...

Indy percaya pada fakta bahwa Sukjong mencintai Ok Jung, karena pada akhirnya Sukjong membuat hukum yang melarang selir-selir untuk menjadi ratu dikemudian hari untuk mencegah kisah seperti Ok Jung terulang kembali, atau bisa jadi sebagai "penghargaan" bagi Ok Jung sebagai seorang selir istimewa yang bisa mencapai posisi Ratu yang terakhir...
Ini juga bisa sebagai pertanda bahwa Sukjong tidak mau menerima Selir Choi (saat itu kandidat terkuat sebagai ratu) sebagai ratunya, dan lebih memilih ratu baru lagi.

Hm... Siapa tau sih ya...


Part 2 ^^

22 komentar:

  1. sedihhh banget cerita pas joj kecil :((( btw yang meranin joj kecil kok mirip bgt ke ha ji won ya

    BalasHapus
  2. ratu inhyeon digulingkan karena tidak mau mengangkat anak jang heebin sebagai anaknya. tradisi istana putra mahkota harus diasuh ratu jadi sangat bertentangan dengan drama jang okjung. ratu inhyeon dikisahkan sebagai ratu paling baik di joseon loh. menurut kisah aslinya sukjong mengeluarkan titah itu karena tidak mau tragedi jang heebin dan ratu inhyeon terulang bukan karena hanya mencintai jang heebin. sukjong dan choi sukbin punya 4 orang anak loh, anaknya malah lebih banyak daripada jang heebin. salah satunya raja yeongjo atau pangeran yeoning. jadi nggak benar kalo sukjong tidak menerima choi sukbin. dan lagi choi sukbin itu berasal dari kasta budak terendah(cheonmin) jadi sangat tidak mungkin dia jadi ratu. yang paling mungkin adalah park myeong bin yang berasal dari kelas yangban (bangsawan. jang okjung sendiri dari kelas menengah dibawah yangban jadi dia masih bisa jadi ratu. sedikit tambahan, Choi sukbin itu satu2nya selir raja yang berasal dai kelas cheonmin ^^. itu sejarah aslinya loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lebih masuk. Makanya dijadikan film dong yi itu kayaknya ya...
      Kayaknya sih emang raja akhirnya jatuh cinta lagi dan itu sama choi ini, makanya sampai mereka punya 4anak. Hehehe...

      Hapus
    2. Tolol ko ajg , itu karena si Choi dan sekutu yg menang makanya sejarah di ubah setalah kematian ok jung dan naik nya ratu baru suk Jong melarang Choi tinggal di istana dan dekrit melarang selir naik takhta pun di iklarkan itu bukti bahwa dia tahu sebenarnya

      Hapus
    3. ^^maaf nih tapi kalo menurut sejarah malah suk bin tuh disayang karena dia bijaksana dan baiknya dia. Menurutku bener komentar teratas bahwa suk bin itu ditentang karena status awalnya budak rendahan. Makanya walaupun ratu inhyun minta fraksi Noron untuk bantuin sukbin sama pangeran yeongin kalo dia udah ga ada tapi ga bisa karena di konfusius atau Konghucu itu diperintah berdasarkan status. Kalo suk bin ga disukai raja buat apa dia dikasih istana tempat sukjong menghabiskan masa kecilnya? Buat apa sukjong bikin pesta pernikahan super mewah buat yeongin kalo dia ga sayang dan nolak suk bin?
      Terus dia keluar istana karena dia sakit, beda sama dong yi yang diusir sama raja. Selain itu sukbin keluar istana juga tahun 1716 dan fyi dia mati di usia yang belum setua itu karena sakit yaitu umur 47, cuma selang 2 tahun setelah keluar istana. Dan terakhir, tragedi okjung tahun 1701.

      Hapus
    4. Lebih seru liat drama joseon 2020an versi asli. Pemuda dipenggal karena mengedarkan film squid game. Sama seperti dlm film ketika raja membunuh rakyat yg mengedarkan buku terlarang menurut istana. Kalau suka drama politik joseon, wajib juga belajar stategi politik kim jung ill di masa sekarang. Dijamin vibesnya nggak kalah seru.

      Hapus
  3. Bingung lah critanya muter muter

    BalasHapus
  4. Dari semua film dan drama yang menceritakan kehidupan sukjong, inhyun, hee bin, suk bin.. drama jang ok jung live in love inilah yang cerita nya paling beda dari yg lain

    Film Jang hee bin 1961, jang hee bin 1967, drama jang hee bin 1995, jang hee bin 2002, dong yi (aku sudah nonton semua ��) semua menceritakan sifat yang hampir sama setiap karakter

    Sukjong raja yg bijaksana, inhyun ratu yg baik dan lembut, hee bin penuh ambisius, suk bin yg baik dan memikirkan inhyun

    Jadi ketika pertama kali nonton JOJ jadi terheran heran banget sama semua karakternya.. like what apa ini, kenapa berbeda sekali dari semua film dan drama sebelumnya ����
    Jadi nggak heran sih pas tau rating nya JOJ rendah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau boleh tau liat drama jang hee bin yang dulu dulu dimana ya? Makasih

      Hapus
    3. Dari blog google The 9 actress who played the role of Lady Jang Hee bin;
      1. Kim Ji Mee di film Jang Hui bin 1961
      2. Nam Jeong Min di film Femme Fatale, Jang Hee bin 1968
      3. Youn Yuh Jung di drama Jang Hui bin 1971
      4. Lee Mi Sook di drama Women of history Jang Hui bin 1981
      5. Jeon In Hwa di drama 500 years of Joseon 'Queen Inhhyeon 1988
      6. Jung Sun Kyun di drama Jang Hui bin 1995
      7. Kim Hye Soo di drama Jang Hui bin 2002

      Hapus
  5. JOJ yang , live in love ini ceritanya juga si jang pengen bebasin ibunya dari perbudakan makanya dia rela masuk kedalam kerajaan

    BalasHapus
  6. Kalo aku suka versi JOJ, cinta sejati kaisar kepada jang ok jung

    BalasHapus
  7. Intinya aku percaya banget kalo raja sukjong sangat sangat mencintai Jang ok jung. Dia adalah selir favorit kalo menurut aku..

    BalasHapus
  8. Kalo nggak salah cerita Jang Ok Jung yang paling mirip sama cerita di sejarah. Soalnya pernah disebut juga kalo drama itu diangkat dari kisah sejarah. Dan di ending, dilihatin juga makam Jang Ok Jung. Sampai sekarang belum bisa move on dari sad ending dramanya. Scene waktu Raja Sukjong terduduk, menyesal dan menangis waktu tahu perjuangan Selir Jang masih jelas tergambar di mataku. Jiah wkwk. Terbaik sih drama Jang Ok Jung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nope,cerita yang lebih mendekati sejarah itu drama Dong Yi. Di drama Dong Yi itu sejalan sama catatan sejarah Dinasti Joseon atau Sillok. Nah, Sillok ini ditulis sama sekretaris kerajaan Joseon tanpa campur tangan siapa pun bahkan Raja sendiri. Raja Joseon tidak boleh melihat atau mengubah apa yang ditulis di dalam Sillok ini. Jadi, Sillok ini merupakan catatan sejarah yang 'veritable' buat Sejarah Korea Dinasti Joseon.
      Justru drama Jang Ok Jung Live in Love ini paling 'melenceng'dari sejarah. Memang benar dalam drama Dong Yi juga banyak fiktifnya bahkan nama Dong Yi juga bukan nama asli dari Choi Suk-bin.
      Banyak sekali hal dalam drama Jang Ok Jung yang tidak sesuai dengan sejarah misalnya saat Jang Ok Jung dieksekusi pada 1701 Choi Suk-bin masih belum memiliki anak padahal dalam sejarah seharusnya ia sudah memiliki 3 orang anak yaitu:
      1. Pangeran Yeongsu (1693-1693)
      2. Pangeran Yeoning (1694-1776) nanti menjadi Raja Yeongjo dari Joseon
      3. Pangeran yang tidak dinamai (1698-1698)
      Memang kemungkinan Choi Suk-bin juga tidak mungkin dia sebaik itu dan secerdas yang digambarkan dalam drama Dong Yi karena dia hanya dayang air rendahan dari kasta 'Cheonmin' yang merupakan kasta paling bawah di Joseon. Nah, di Jang Ok Jung juga kasta Jang Hui-bin atau Ok Jung juga tidak tepat di JOJ ia digambarkan dari kalangan bawah padahal ia berasal dari kasta 'Jungin' yaitu aristokrat kelas rendah yang masih merupakan kalangan atas di strata sosial zaman Joseon

      Strata Sosial zaman Joseon:
      1. Yangban: Para Aristokrat dan pegawai pemerintah kelas atas seperti menteri etc
      2. Jungin: Aristokrat kelas bawah
      3. Sangmin: Rakyat biasa speerti petani, pedagang etc
      4. Cheonmin: Budak (Nobi), Gisaeng dan pegawai kotor
      5. Baekjeong: Kasta paling bawah yang tidak boleh disentuh semacam Dalit di India dan Burakumin di Jepang biasanya bekerja sebagai tukang sembelih dan algojo.

      And FYI, di drama Dong Yi juga digambarkan kalau Raja Sukjong mencintai Hui-bin tapi dia kecewa dengan ambisi Hui-bin. Lalu menurut saya penggambaran Raja Sukjong dan Choi Suk-bin di drama JOJ tidak realistis karena dalam drama ini Raja Sukjong digambarkan sebagai raja yang impulsif dan terlalu tergila-gila dengan Ok-jung. Padahal dalam sejarah Sukjong digambarkan raja yang cukup bijaksana dan merupakan politikus yang brilian. lalu Choi Suk-bin yang digambarkan sebagai wanita yang genit yang suka menggoda raja. Padahal terlihat dari gelar Choi Suk-bin sendiri yang berasal dari 'Suk' yang artinya tulus/suci. Dan pemberian prefix para selir tingkat 'bin' ini diberikan langsung oleh raja/ratu sesuai dengan kepribadian dari selir tersebut. Jadi, sifat kepribadian Choi Suk-bin di JOJ sangat tidak mungkin walaupun dalam Dong Yi juga tidak terlalu masuk akal karena kemungkinan besar Choi Suk-bin hanya seorang pelayan rendahan yang tidak ikut campur dalam politik istana karena latar belakangnya sebagai 'Cheonmin'.

      Jadi, memang kedua drama tidak 100% historically accurate tapi yang paling mendekati dengan sejarah Joseon itu drama Dong Yi.

      Hapus
    2. Keren terjawab sudah jawab akurat yang pling masuk akal

      Hapus
    3. kak fasya aku baru nonton drama ini di 2022 trimakasi yaa kak buat penjelasan yang keren bangetttt mantapppp ...........

      Hapus
    4. di drama joj juga agak aneh . tidak ada pengangkatan ratu lagi setelah Ok Jung . padahal masih ada ratu inwon setelah ratu inhyeon tidak ada

      Hapus
  9. Love komentar kak Fasya fadilla

    BalasHapus
  10. Tapi di dramanya bukannya raja sukjonh yang tidak mau menjadikan selir Choi/dongyi menjadi ratu tpi karna dong yi sendiri yg mnolak usulan raja beberapa kali

    BalasHapus